Media sosial sudah menjadi media pemasaran yang banyak digunakan saat ini. Terlebih di era digital ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis online. Sehingga pengetahuan tentang media sosial marketing ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, terutama mereka yang sedang menjalankan bisnis online. Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran di media sosial. Baik untuk bisnis dalam skala besar maupun bisnis skala kecil.

Kenapa penting? Karena saat ini sosial media marketing masih menjadi strategi marketing paling efisien dan worth-it. Dan tidak mengenal skala bisnisnya, bisnis yang nilainya masih jutaan pun bisa langsung menggunakan sosial media marketing. Contohnya adalah dengan menggunakan jasa iklan facebook dan jasa iklan instagram.

Untuk bisnis skala besar, biasanya mereka sudah memiliki konsumen tetap dari setiap produknya. Namun untuk bisnis skala kecil, biasanya mereka masih memerlukan banyak usaha untuk mendapatkan banyak konsumen. Oleh karena itu, mereka sangat perlu mempelajari strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil. Sehingga mereka bisa menarik banyak konsumen melalui media sosial.

Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

  1. Membangun Kredibilitas
  2. Menarik Pelanggan Potensial
  3. Membangun Relasi di Media Sosial
  4. Membagikan Konten yang Sesuai
  5. Membuat Konten yang Valueable

Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Bagi bisnis skala kecil yang masih berada dalam tahap perkembangan, menggunakan media sosial dalam pemasaran bisnis bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Berikut ini merupakan strategi media sosial marketing untuk bisnis berskala kecil.

1. Strategi Media Sosial Marketing dengan Membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di media sosial tidaklah serumit yang dibayangkan. Kamu tidak harus memiliki banyak pengikut atau followers, tapi hanya perlu menghubungkan bisnis kamu dengan orang-orang yang tepat.

Kamu bisa memulai proses ini dengan membangun brand awareness. Hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun brand awareness yaitu dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis kamu.

Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis kamu dengan menggambarkan identitas brand  secara visual. Kamu juga harus mendesain tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis kamu. Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan kepada desain profesional untuk mendesainkan blog dan website kamu agar lebih menarik.

2. Menarik Pelanggan Potensial

Strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil juga bisa dilakukan melalui Facebook dan Instagram. Media sosial ini bisa kamu gunakan untuk menarik calon pelanggan baru.

Sebelum melakukan media sosial marketing malalui Facebook, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memastikan setup seotagging pada page Facebook dengan benar. Setelah itu kamu bisa mengajak teman-teman Facebook untuk menjadi konsumen potensial kamu.

3. Membangun Relasi di Media Sosial

Koneksi merupakan hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang bagus akan memudahkan langkah kamu untuk melakukan pemasaran produk. Sehingga, kamupun harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mulai membangun jaringan dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen kamu.

4. Membagi Konten yang Diakurasikan

Media sosial merupakan salah satu tempat dimana akurasi sebuah konten memiliki nilai yang sangat penting. Sehingga kamu harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang. Proses akurasi sebuah konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website yang nantinya akan kamu bagikan di media sosial.

Kamu harus bisa memilih konten yang berkualitas dan bermanfaat. Mengakurasikan suatu konten sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu dapat meningkatkan rangking SEO pada mesin pencari, membangun bisnis dengan baik, meningkatkan keterlibatan pada media sosial dan menambah jumlah followers.

5. Membuat Konten yang Valuable

Strategi pemasaran media sosial dikatakan efektif apabila bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri. Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan traffic terhadap website kamu. Website akan dikunjungi lebih banyak pembaca, sehingga bisa memperoleh review yang lebih baik.

Kamu harus bisa memastikan bahwa setiap bagian konten yang kamu buat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengulang untuk mengunjungi website kamu. Ciri konten yang valuable yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan memposting konten yang valuable, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, para influencer akan merekomendasikan konten bisnis kamu serta membuka peluang bagi bisnis kamu untuk bisa diliput oleh media.

Leave a Reply