Di jaman milenial seperti saat ini, semua orang menginginkan hal yang serba praktis. Hal tersebutlah yang membuat banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah inovasi baru untuk mempermudah pekerjaan umat manusia. Salah satunya adalah dengan menciptakan surat elektronik atau yang kita kenal dengan e-mail.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan apa yang dimaksud dengan surat elektronik atau email dan juga bagaimana sejarah terbentuknya email, pada kesempatan kali ini Mastekno akan memberikan ulasan tentang surat elektronik mulai dari pengertian, sejarah, hingga ke bagian-bagiannya.

Pengertian Surat Elektronik

Image result for surat elektronik

Surat elektronik (elektronik email) atau yang biasa kita kenal dengan e-mail adalah sebuah media yang digunakan oleh umat manusia untuk mempermudah pekerjaannya terutama dalam melakukan pengiriman pesan atau berkas yang diperlukan dengan cara melalui media internet.

Tidak hanya berkas dalam bentuk tulisan saja, akan tetapi melalui e-mail atau surat elektronik kita juga bisa mengerimkan berkas dalam bentuk lain, seperti gambar, video dan lain-lain.

Selain itu, dengan menggunakan surat elektronik kita juga tidak lagi perlu repot-repot mencari prangko agar surat tersebut dapat terkirim dan juga kita tidak perlu capek-capek lagi untuk pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat.

Dan tentunya kita tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama agar surat tersebut dapat diterima selagi kita memiliki jaringan internet yang lancar.

Sejarah Surat Elektronik

Image result for surat elektronik

Surat elektronik atau e-mail pertama kali digunakan pada tahun 1960-an. Dan kemudian pada akhir tahun 1971 untuk pertama kalinya konsep dari e-mail telah diperkenalkan, dan orang yang memperkenalkannya bernama Ray Tomlinson yang pada saat itu merupakan seorang computer engineer.

Pada waktu itu Roy masihlah seorang karyawan di Bolt, Beranek, dan Newman (BNN) yang merupakan lembaga pertahanan milik Amerika. Di tempat itulah Ray membuat sebuah eksperimen untuk menciptakan sebuah program yang kemudian ia beri nama SNDMSG.

Karena pada waktu jaringan masih berupa kumpulan dari beberapa komputer dan belum ada jaringan internet, Ray hanya merancang SNDMSG agar dapat meninggalkan pesan di dalam komputernya sehingga orang-orang dapat membaca pesan yang berada di dalam komputernya itu.

Karena belum puas dengan hasil eksperimen yang telah ia buat, Ray pun melanjutkan hasil eksperimennya itu dengan memakai file protokol yang kemudian di beri nama CYPNET.

Dengan adanya file protokol tersebut membuat SNDMSG dapat mengirimkan pesan dari satu komputer ke komputer yang lainnya dengan menggunakan jaringan ARPANET. Dan kemudian hal tersebut menjadi tonggak awal terciptanya e-mail.

Dan pesan yang pertama kali dikirimkan melalui e-mail adalah pesan yang dikirimkan oleh Ray dan berisikan “QWERTYUIOP”.

Dan kemudian setelah itu, pada tahun 1972, Ray memperkenalkan sebuah ion terbaru yakni “@” (at : pada) yang digunakan sebagai sebuah identitas di dalam e-mail. Tidak hanya itu, simbol “@” juga digunakan sebagai pemisah antara user id dengan domain pada email.

Contoh dari penggunaan “@” pada alamat e-mail adalah “[email protected]”.

Penjelasan :

Penggunaan dari nama pengguna dibebaskan dengan ketentuan nama atau alamat tersebut belum digunakan oleh orang lain. Jadi untuk mengatasi username yang telah digunakan, kamu dapat menggunakan singkatan nama ataupun penambahan nomor pada username.

Dengan adanya fitur yang sangat membantu umat manusia tersebut, pada tahun 1980-an e-mail dipublikasikan dan kemudian dapat digunakan dan dinikmati oleh semua orang.

Akan tetapi di sisi lain, banyak sekali perusahaan pos yang berada si seluruh penjuru dunia mengalami kebangkrutan, hal tersebut karena banyak dari pelanggan mereka yang tadinya menggunakan jasanya untuk mengirimkan surat sekarang beralih menggunakan e-mail karena lebih praktis untuk digunakan.

Manfaat Surat Elektronik

Image result for surat elektronik

Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan menggunakan e-email, dan hal tersebutlah yang menyebabkan e-mail digandrungi oleh banyak orang mulai dari awal perilisannya hingga sampai saat ini. berikut ini adalah manfaat dari penggunaan e-mail :

Kelemahan Surat Elektronik

Meskipun memiliki segudang manfaat, tetapi bukan berati e-email atau surat elektronik tidak memiliki kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari surat elektronik :

Leave a Reply