Jnius.co.id – VPN (Virtual Private Network) mungkin terlihat sangat rumit untuk sobat yang belum familiar dengannya, tetapi sebenarnya VPN sangat mudah digunakan. Di artikel kali ini, kita akan mencari tahu apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya.

Sobat juga bisa belajar tentang apa yang sebenarnya VPN lakukan untuk sobat, kapan sobat harus menggunakannya, serta kelebihan dan kekurangan menggunakan VPN. So, keep on reading.

Apa itu VPN?

Apa itu VPN? VPN atau Virtual Private Network adalah metode yang digunakan untuk menambah keamanan dan privasi ke jaringan pribadi dan publik, seperti WiFi Hotspot dan Internet.

VPN paling sering digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data yang sensitif. Namun, kini penggunaan VPN pribadi semakin populer karena lebih banyak interaksi yang mengharuskan pengguna bertatap muka dengan Internet.

VPN dapat meningkatkan privasi karena alamat IP (Internet Protocol) awal pengguna diganti dengan IP lain yang disediakan oleh penyedia VPN.

Pelanggan dapat memperoleh alamat IP dari daerah gateway manapun yang disediakan penyedia VPN.

Misalnya, sobat tinggal di Jakarta. Namun, dengan VPN, sobat bisa seolah-olah tinggal di Malang, Surabaya, atau sejumlah kota gateway lain.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Inilah cara kerja VPN untuk kamu selaku pengguna: Ketika sobat memulai perangkat lunak VPN client dari penyedia VPN, maka perangkat lunak tersebut akan mengenkripsi data kamu, bahkan sebelum ISP (Internet Service Provider) atau WiFi sobat mendeteksinya.

Data kemudian diteruskan ke VPN, dan dari VPN server kemudian diteruskan ke destinasi online sobat. Destinasi online berasumsi bahwa data sobat berasal dari VPN server dan lokasinya, dan bukan dari device dan lokasi sobat sebenarnya.

VPN server adalah pihak ketiga yang terhubung ke web atas nama sobat, yang mana cara ini bisa memecahkan masalah privasi dan keamanan sebagai berikut:

  1. Situs tujuan melihat VPN server sebagai traffic origin, dan bukan sobat.
  2. Tidak ada yang bisa dengan mudah mengidentifikasi sobat atau komputer sobat sebagai sumber data, atau apa yang sobat lakukan seperti situs web apa yang sobat kunjungi, data apa yang sobat transfer, dan sebagainya.
  3. Data sobat telah dienkripsi, sehingga meskipun seseorang bisa melihat apa yang kamu kirim, mereka hanya bisa melihat informasi yang dienkripsi dan bukan data mentahnya.

Kelebihan Menggunakan VPN

Di era digital saat ini, keamanan menjadi sangat penting dan merupakan request yang paling banyak diminta oleh perusahaan. Kebutuhan untuk mengirim data terenkripsi melalui jaringan juga semakin meningkat.

Tentunya, ada banyak kelebihan yang didapat ketika menggunakan VPN seperti yang tertulis di bawah ini.

Karena VPN menyembunyikan alamat IP sobat dan mengenkripsi traffic online sobat, maka jejak kaki digital kamu tidak akan bisa dilacak di Internet. Hackers tidak akan bisa menggunakan alamat IP asli kamu untuk mengetahui informasi pribadi sobat.

Selain membantu sobat menghindari pengawasan dari pengguna lain, VPN juga bisa membantu menjaga privasi sobat dari advertiser.

WiFi merupakan layanan umum yang sangat nyaman untuk digunakan, terutama jika kamu memiliki paket data seluler yang terbatas.

Satu-satunya masalah dengan WiFi gratis adalah keamanan yang kurang, yang berarti sobat bisa saja menempatkan data pribadi kamu dalam bahaya.

Jika sobat menggunakan VPN, kamu tidak perlu khawatir tentang bahaya itu. Mengapa? Karena VPN menggunakan enkripsi untuk mengamankan komunikasi online sobat dan secara efektif memastikan tidak ada yang bisa memantaunya.

Pada dasarnya, jika ada hacker yang mencoba melihat traffic sobat, mereka hanya akan melihat sesuatu yang tidak masuk akal.

Bandwidth throttling adalah kejadian di mana ISP kamu membatasi bandwidth sobat dan secara efektif menurunkan kecepatan online sobat.

Biasanya, ISP melakukan itu untuk meningkatkan layanan mereka dengan menyingkirkan kemacetan jaringan dan memastikan ada bandwidth yang cukup untuk semua pengguna.

VPN dapat mengenkripsi semua traffic Internet sobat sehingga ISP sobat tidak akan bisa melihat aktivitas online sobat.

Mereka tidak akan tahu apakah sobat menggunakan bandwidth terlalu banyak untuk bermain game online, mengunduh file, atau streaming acara TV.

 

Leave a Reply