Information

Macam-Macam Aplikasi dan kegunaan Software Microsoft Office Lengkap dengan Fungsinya

Microsoft office merupakan software yang paling sering digunakan banyak pelajar atau para pekerja kantoran untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dalam microsoft office terdapat satu paket software yang sering anda gunakan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas anda. Paket tersebut adalah Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, FrontPage, InfoPath, Visio dan juga Publisher.

Berikut ini merupakan fungsi dan kegunaan software Microsoft Office.

1. Microsoft Word

Image result for microsoft word software
Microsoft Word merupakan salah satu software Ms.Office yang paling sering digunakan. Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi, saat ini Ms.Word sudah ada versi terbaru yaitu Ms.Word 2010. Ms.word merupakan aplikasi pengolah kata, dalam artian semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakuka dengan menggunakan Ms.Word. Contoh nya, membuat surat, membuat tabel, input gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen dan berbagai macam pengolahan data lainnya.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel 2019 License Key
Microsoft Excel merupakan aplikasi microsoft Office yang berfungsi sebagai pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik. Dengan Ms.Excel pengguna dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Dalam artian ms.excel dapat membantu pengguna dalam membuat laporan keuangan seperti laporan akuntansi, baik berupa laporan angka maupun grafik. Namun untuk melakukan perhitungan secara otomatis pengguna harus menggunakan rumus dan logika.

3. Microsoft Power Point

Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Dennis Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word dan Excel.

Fungsi Microsoft PowerPoint

Setiap program tentu diciptakan dengan tujuan yang jelas, tidak terkecuali PowerPoint. Program atau software ini mempunyai beragam fungsi dan manfaat, antara lain:

  • Memudahkan pengguna mengatur materi yang hendak disampaikan.
  • Membuat audience lebih gampang memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam bentuk slide.
  • Membuat penyajian materi lebih berkesan, apalagi jika pengguna menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada kasus yang sering ditemui, audience kurang fokus dan bosan apabila materi nan ditampilkan monoton.

4. Microsoft Office Outlook

Microsoft Outlook 2019 License Key

Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.

Ada 2 macam versi dari Outlook yaitu Microsoft Outlook Express dan Microsoft Outlook. Microsoft Outlook Express adalah versi kecil dari Outlook yang pertama kali dirilis dengan Windows 98.

Microsoft Outlook tidak hanya bisa digunakan di PC/Komputer saja, melainkan disemua perangkat windows. Contohnya Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke smarthone, Ada juga add ons tambahan yang bisa menghubungkan Outlook dengan Blackberry dan perangkat handphone lainnya.

Fungsi Microsoft Outlook

  • Sebagai aplikasi pengelola email, microsoft office outlok memiliki manfaat sebagai berikut
  • Untuk membaca email secara offline
  • Untuk mengirim email dengan cepat
  • Untuk memcadangkan email di PC
  • Untuk melakukan penjadwalan
  • Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat)

5. Microsoft Office InfoPath

Image result for microsoft office infopath
Microsoft Office InfoPath itu sendiri sudah menyediakan berbagai template-template yang bisa langsung anda digunakan untuk keperluan kita seperti : Absence Request, Invoice, Meeting Agenda, Resume, Service Request, Time Card, Sales Report, Travel Request, dll.

Microsoft office Infopath menawarkan fitur-fitur seperti kemampuannya untuk membuat dan menampilkan dokumen XML dengan dukungan terhadap skema XML yang didefinisikan sendiri.

Bisa juga anda gunakan Infopath untuk mendesain form template, yang interaktif dan user friendly untuk kemudian diisi datanya oleh pihak lain.

Dengan beberapa kontrol yang ditambahkan pada form, form anda akan terlihat lebih fleksibel.

Dengan Microsoft Office Infopath Anda bisa mendesain template form dari yang sifatnya sederhana untuk team kerja anda sampai template form yang cukup rumit untuk proses bisnis yang lebih besar.

6. Microsoft Office Visio

Microsoft Visio Standard 2019 License Key
Ms.Visio merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram Flowchart dan berbagai macam diagram, brainstrorm dan ebebrapa skema jaringan. Aplikasi ini juga menggunakan fitur grafik vektor sehingga pengguna lebih dimudahkan untuk menggunakannya.

Fungsi Microsoft Visio

  • Tools-tools nya sangat mudah dipahami
  • Cara penggunaannya yang mudah
  • Lebih banyak pilihan gambar dibandingkan versi sebelumnya
  • Memudahkan kita untuk menggambar denah gambar yang sesuai dengan keinginan
  • Visio memiliki shape dan template baru, diantaranya pada bagian diagram Brainstorming, Business Process, Building Plan, Project Schedule, Network, Software, dan Web Diagram.

7. Microsoft Office Publisher

Microsoft Publisher 2019 License Key

Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hah ? Desktop Publishing ? Apa itu ? Ya, desktop publishing intinya menghasilkan sesuatu untuk diterbitkan, seperti majalah, poster, brosur, katalog, kartu ucapan, koran, mading, kalender, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya “Publisher” yang berarti Penerbit. Jadi intinya aplikasi ini dipergunakan untuk membuat sesuatu yang akan diterbitkan bahkan untuk tujuan komersial.

Ada beragam versi dari Microsoft Publisher, diantaranya yaitu Microsoft Publisher 2007, Microsoft Publisher 2010, dan yang terbaru yaitu Microsoft Publisher 2013. Semuanya memiliki tampilan/desain yang berbeda, namun fungsi, tujuan dan kegunaannya tetap sama. Yaitu untuk menciptakan karya desktop publishing.

8. Microsoft Office Acces

Microsoft Access 2019 License Key
Microsoft Access adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database. Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi.

Fungsi Microsoft Access

  • Untuk membuat program aplikasi jumlah peserta didik.
  • Untuk membuat laporan keuangan.
  • Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
  • Untuk membuat form dan sub form.
  • Untuk membuat basis data.
  • Untuk membuat program aplikasi penyimpan buku perpustakaan.
  • Untuk membuat program aplikasi daftar hadir.
  • Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.
  • Dan lain-lain.

Leave a Reply

Open chat
Hubungi Tim Jnius
Hello, Sobat Jnius.
Ada yang bisa kami bantu ?