Information

Bapak Teknologi Dunia Paling Berpengaruh

Perkembangan teknologi tentu tak lepas dari peran orang-orang yang menciptakan inovasi ataupun mengembangkan sesuatu yang sudah ada.

Berkat mereka, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. Di antara banyaknya orang-orang tersebut, tentu ada beberapa yang patut dianggap sebagai bapak teknologi.

Bapak Teknologi Dunia

Daftar bapak teknologi yang ada di bawah ini bukan hanya menemukan suatu teknologi, melainkan juga yang turut berperan mempopulerkannya.

Karena dunia teknologi sangat luas, di sini Jaka akan berfokus pada tokoh-tokoh teknologi yang berkaitan dengan komputer, internet, dan smartphone.

Tanpa perlu berbasa-basi lagi, langsung saja cek daftar di bawah ini!

1. Charles Babbage (Bapak Komputer)

Charles Babbage 1860.jpg

Jaka harus menyebutkan nama Charles Babbage di urutan pertama jika ingin membahas tokoh dunia yang berperan penting dalam perkembangan teknologi.

Beliau adalah seorang matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan teori tentang sebuah mesin yang dapat diprogram oleh manusia. Ini menjadi landasan munculnya komputer.

Dalam mengembangkan gagasannya tersebut, ia banyak dibantu oleh Ada Lovelace, salah satu tokoh wanita yang paling berpengaruh di dunia teknologi.

Salah satu alasan mengapa Babbage ingin menciptakan sebuah mesin secara mekanik adalah karena banyaknya kesalahanan yang dibuat oleh manusia ketika melakukan perhitungan.

Sayang, banyak sekali mesin-mesin yang yang ia rancang tidak selesai karena berbagai alasan. Salah satu gagasannya yang terkenal adalah sebuah mesin diferensial.

2. Alan Turing (Bapak Komputer Modern)

Alan Turing photo.jpg
Sudah pernah menonton film The Immitation Game? Film yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch tersebut mengangkat kehidupan seorang jenius bernama Alan Turing.

Kelahiran Inggris, Turing merupakan orang pertama yang memiliki gagasan tentang penggunaan komputer untuk berbagai keperluan manusia.

Ketika masa perang dunia kedua, ia membantu pihak sekutu untuk memenangkan perang karena berhasil menemukan mesin yang dapat membongkar kode rahasia Nazi.

Seusai perang dunia kedua, ia mengembangkan sebuah mesin yang mampu secara logis mengolah informasi.

Tidak cukup di situ, Turing juga mengembangkan mesin yang nantinya akan menjadi dasar dari kecerdasan buatan alias Artificial Intellegence.

3. Ralph H. Baer (Bapak Video Game)

,center>borders

Hobi main game? Jika iya, kamu wajib berterima kasih kepada Ralph H. Baer. Berkat temuannya, lahirlah game ke dunia ini.

Baer pindah dari Jerman ke Amerika Serikat sebelum perang dunia kedua. Di sana, ia bekerja di bidang industri elektronik dengan beberapa jabatan, termasuk insinyur.

Pada tahun 1966, ia mendapatkan ide untuk bermain game dengan memanfaatkan layar televisi dan mendapatkan dukungan dari atasannya saat itu.

Ia berhasil menyelesaikan prototype yang diberi nama Magnavox Odyssey. Bisa dibilang, inilah kakek buyut dari semua konsol-konsol game terbaik, mulai PlayStation hingga Nintendo.

Selain itu, ia memiliki lebih dari 150 paten yang kebanyakan seputar permainan dan industri video game. Maka tak salah julukan Bapak Video Game tersemat padanya.

4. Martin ‘Marty’ Cooper (Bapak Handphone)

Martin Cooper, Two Antennas, October 2010.jpg

Hidup di era sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Akan tetapi, tahukah kamu siapa pencipta benda ini?

Dia adalah Martin Cooper. Ia adalah pelopor dalam industri komunikasi nirkabel, terutama di bidang spektrum radio. Pengetahuannya di bidang ini sangat membantunya mengembangkan handphone.

Ketika bekerja di Motorola tahun 1970-an, ia berhasil menemukan handphone pada tahun 1973. Baru sepuluh tahun kemudian barang tersebut dibawa ke pasar.

Berkat penemuannya ini, ia dianggap sebagai bapak teknologi. Selain itu, ia juga menjadi orang pertama dalam sejarah yang melakukan panggilan telepon menggunakan handphone.

5. Tim Berners-Lee (Bapak Website)

Sir Tim Berners Lee arriving at the Guildhall to receive the Honorary Freedom of the City of London

Mencari informasi di era modern seperti sekarang bisa dilakukan dengan sangat cepat. Hanya butuh beberapa detik berselancar di dunia maya untuk menemukan apa yang kita butuhkan.

Kenikmatan tersebut bisa kita dapatkan berkat andil dari Tim Berners-Lee. Ia merupakan orang yang menciptakan World Wide Web.

Tidak hanya itu, ia juga membuat browser dan server web pertama. Situs web pertama yang ada di dunia pun juga ciptaannya, yang beralamat di info.cem.ch.

Meskipun menemukan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, Berners-Lee tetap rendah hati dan tidak ingin mendapatkan banyak sorotan.

Bahkan, ia tidak mempatenkan World Wide Web sehingga kita bisa menggunakannya secara bebas hingga sekarang.

6. Bill Gates (Bapak Sistem Operasi)

Bill Gates in WEF, 2007.jpg

Mantan orang terkaya sedunia, Bill Gates jelas layak masuk ke daftar ini berkat sistem operasi Windows yang ia ciptakan.

Meskipun bukan orang pertama yang membuat sistem operasi, Windows-nya telah membantu banyak pengguna komputer pribadi.

Gates dianggap menjiplak Graphic User Interface (GUI) yang dikembangkan oleh Apple, di mana Apple sendiri juga dianggap menjiplak Xerox PARC.

Walaupun begitu, jika bukan karena Gates dan perusahaan Microsoft miliknya, mungkin kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer dengan mudah seperti sekarang.

Kesuksesan sistem operasi Windows ini membuat Microsoft pernah dituntut undang-undang monopoli di Amerika Serikat.

7. Steve Jobs (Bapak Teknologi Modern)

Steve Jobs Headshot 2010-CROP2.jpg

Daftar bapak teknologi terakhir yang ada di dalam daftar ini adalah pendiri Apple, Steve Jobs, yang sudah terkenal berkat inovasi-inovasinya.

Jobs telah banyak melakukan revolusi di berbagai bidang. Ia dan perusahaan Apple-nya merevolusi dunia musik dengan iPod dan iTunes-nya.

Jobs juga merevolusi telepon genggam ketika merilis iPhone pada tahun 2007. Setelah itu, rilis iPad yang mempopulerkan tablet ke masyarakat.

Memang tidak semua produk Apple yang sukses merupakan gagasannya. Kadang, ia juga mengambil ide milik orang lain dan mengaku bahwa itu adalah idenya.

Akan tetapi, Jobs berhasil menunjukkan ke publik bahwa produknya penting dan akan membuat hidup manusia akan menjadi lebih baik. Hal tersebut sudah terbukti sekarang.

Selain itu, Steve Jobs juga sering membuat prediksi-prediksi yang terbukti di masa sekarang.

Leave a Reply

Open chat
Hubungi Tim Jnius
Hello, Sobat Jnius.
Ada yang bisa kami bantu ?